– KPU: Tingkat Partisipasi Pemilih Disabilitas Tinggi di Pilkada

Simbol kursi roda
symbol tunanetra
symbol tuna rungu
symbol disabilitsa intelektual

Gufroni Sakaril ketum PPDI

Drs. Gufroni Sakaril, MM

Ketua Umum PPDI

PROFIL SINGKAT

 

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi payung dan beranggotakan beragam organisasi disabilitas di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987.

Visi lembaga ini adalah mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. PPDI berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya, sedangkan bagi pemerintah PPDI merupakan mitra dalam penyusunan berbagai kebijakan dan program berkaitan penyandang disabilitas.

PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional. Sejak tahun 2005, PPDI bersama organisasi jaringannya aktif mendorong dan memberikan konsep naskah akademis bagi proses ratifikasi CRPD hingga diterbitkannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

MITRA PPDI


Logo Kementerian Sosial



Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Liputan6.com, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia menyebut jumlah pemilih disabilitas yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 15 Februari lalu ada 50.108. Jumlah tersebut, kata Ferry, terdiri atas tunadaksa, tunanetra, tunarungu atau wicara, dan tunagrahita.

“Dari jumlah DPT disabilitas tersebut, tingkat partisipasinya hingga melampaui batas, yaitu 257 persen. Itu berarti, pemilih disabilitas partisipasinya sangat tinggi,” ucap Ferry di Kantor KPU RI Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Ia menjelaskan, jumlah presentase tersebut merupakan keseluruhan di Pilkada Serentak Indonesia. Namun, angka partisipasinya berbeda jika dari provinsi, kota, dan kabupaten.

“Angka partisipasi di tujuh provinsi sekitar 205,45 persen. Lalu di 18 kota 99,83 persen dan kabupaten 296,2 persen,” kata dia.

Untuk tingkat partisipasi pemilih disabilitas tertinggi, ucap Ferry, berada di Provinsi Aceh. Sedangkan Pekanbaru, kata dia, menjadi kota dengan tingkat partisipasi disabilitas tertinggi. Meski begitu, saat ini KPU sedang menyelidiki jumlah pemilih disabilitas di Aceh.

“Aceh menjadi provinsi tertinggi untuk tingkat partisipasi pemilih disabitas. Hal ini dikarenakan, tercatatnya dalam DPT 2.800, tapi ternyata jumlah pemilih disabilitas hingga 27.000. Kita sedang selidik karena ini enggak mau buru-buru dibilang salah input juga,” ucap Ferry.

Leave Comment

PPDI MEMILIKI

0
DPD
0
DPC
0
PPK
0
OPD

Post Terbaru

Back to top