– Diksusi Regulasi pemenuhan pekerjaan bagi penyandang disabilitas: Antara harapan dan realitas.

Simbol kursi roda
symbol tunanetra
symbol tuna rungu
symbol disabilitsa intelektual

Gufroni Sakaril ketum PPDI

Drs. Gufroni Sakaril, MM

Ketua Umum PPDI

PROFIL SINGKAT

 

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi payung dan beranggotakan beragam organisasi disabilitas di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987.

Visi lembaga ini adalah mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. PPDI berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya, sedangkan bagi pemerintah PPDI merupakan mitra dalam penyusunan berbagai kebijakan dan program berkaitan penyandang disabilitas.

PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional. Sejak tahun 2005, PPDI bersama organisasi jaringannya aktif mendorong dan memberikan konsep naskah akademis bagi proses ratifikasi CRPD hingga diterbitkannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

MITRA PPDI


Logo Kementerian Sosial



Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DPP PPDI menyelenggarakan diskusi secara daring pada Rabu, 16 Juni 2021 dengan tema ” Regulasi pemenuhan pekerjaan bagi penyandang disabilitas: Antara harapan dan realitas.”

Mahretta Maha selaku host memandu jalannya diskusi dengan membahas berbagai peraturan dan kebijakan yang mendukung dan melindungi disabilitas dalam dunia kerja dan mencari solusi dari permasdengan merujuk pada konteks dan regulasi nasional serta agenda rencana aksi pemungkinan ASEAN 2025 (ASEAN Enabling Masterplan 2025).

Adapun narasumber yang hadir yaitu:

  • Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK): Fajri Nursyamsi
  • Perkumpulan Penyandang Disabilitas: Syamsudin Sar/Sekretaris Jenderal PPDI
  • Perwakilan dari APINDO: Myra M. Hanartani
  • Pimpinan Unit Layanan Disabilitas Kemenaker: Bpk. Suhardi

Diskusi yang berlangsung selama 1 jam lebih tersebut menghasilkan banyak hal terkait perkembangan pemenuhan kuota tenaga kerja disabilitas baik oleh pemerintah maupun swasta.

Leave Comment

PPDI MEMILIKI

0
DPD
0
DPC
0
PPK
0
OPD
Back to top