DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

Kaum Disabilitas Akan Dilatih Agar Bisa Mandiri Kaum Disabilitas Akan Dilatih Agar Bisa Mandiri
Wonosari,(sorotgunungkidul.com)–Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bakal melaksanakan sejumlah program baru terutama di bidang sosial. Hal ini merupakan efek dari pemecahan dari Dinas Sosial... Kaum Disabilitas Akan Dilatih Agar Bisa Mandiri

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)–Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bakal melaksanakan sejumlah program baru terutama di bidang sosial. Hal ini merupakan efek dari pemecahan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dinas Sosial bisa menjadi lebih fokus dalam menangani permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat Gunungkidul yang selama ini belum terselesaikan.

Kasi Bina Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunungkidul Winarto menerangkan bahwa, pada tahun ini Dinsos Kabupaten Gunungkidul akan melakukan pelatihan ketrampilan bagi kaum difabel di seluruh Kabupaten Gunungkidul. Fungsi pelatihan ketrampilan bagi kaum difabel tersebut bertujuan untuk memberdayakan mereka sehingga nantinya bisa mandiri dalam berwirausaha.

“Kita akan lakukan secara bertahap, pada tahun ini kita lakukan pelatihan home industri makanan. Pelatihan tersebut sementara akan diikuti oleh 20 orang kaum penyandang disabilitas, saat ini yang sudah mendaftarkan yakni di Kecamatan Playen sejumlah 10 orang,” papar Winarto, Senin (06/03/2017).

Dia menambahakan, dari 18 Kecamatan yang ada di Gunungkidul nantinya para kaum disabilitas yang ingin mendaftarkan harus melalui Forum Komunikasi Disabilitas di tingkat Kecamatan. Pada tahun ini kouta untuk pelatihan tersebut sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan anggaran hanya 20 juta rupiah.

“Pelatihan ketrampilan tersebut akan dilaksanakan pada triwulan 3 yakni selama 4 hari,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelatihan ketrampilan tersebut tentunya akan melalui verifikasi bagi penyandang disabilitas yang kurang mampu. Winarto berharap setelah dilaksanakan pelatihan tersebut nantinya para kaum disabilitas bisa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

“Progam tersebut akan dilakukan secara bertahap setiap tahun, dan tentunya semoga bermanfaat bagi warga Gunungkidul khususnya kaum disabilitas,” ungkap dia.(sorotgunungkidul.com/ fajar-risdiyanta).

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *