DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

KIP Aceh Jamin Penyandang Disabilitas Bisa Memilih KIP Aceh Jamin Penyandang Disabilitas Bisa Memilih
HABADAILY.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menjamin seluruh disabilitas yang sudah memiliki hak pilih bisa berpartisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 15 Februari... KIP Aceh Jamin Penyandang Disabilitas Bisa Memilih

HABADAILY.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menjamin seluruh disabilitas yang sudah memiliki hak pilih bisa berpartisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 15 Februari 2017 mendatang.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, akan mengupayakan agar semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aceh ramah disabilitas. Nantinya setelah data pemilih penyandang disabilitas ada, data itu akan diproses untuk melahirkan TPS yang ramah disabilitas.

Untuk penyandang disabilitas seperti tuna netra, pihak KIP telah membuat terobosan dengan menyediakan template huruf braille di TPS. Selain itu juga disiapkan formulir pendampingan disabilitas, karena tidak semua tuna netra bisa membaca huruf braille.

“Kita memberikan formulir pendamping disabilitas di mana ada pernyataan bahwa pendamping tidak boleh menyatakan siapa calon yang dipilih penyandang disabilitas,” kata Ridwan Hadi menjawab pertanyaan dari peserta diskusi di Vi Ai Pi, Banda Aceh mengenai akses disabilitas pada Pilkada 2017 mendatang, Selasa (27/09/2016).

Ia juga bercerita mengenai kendala-kendala sosial di masyarakat yang tidak mau penyandang dimasukkan kedalam daftar pemilih. “Tetapi kita akan berupaya semaksimal mungkin seluruh TPS di Aceh bisa diakses oleh panyandang disabilitas,” ujarnya.[acl]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *