– KRL Jabodetabek uji coba alat bantu untuk pengguna kursi roda

Simbol kursi roda
symbol tunanetra
symbol tuna rungu
symbol disabilitsa intelektual

Gufroni Sakaril ketum PPDI

Drs. Gufroni Sakaril, MM

Ketua Umum PPDI

PROFIL SINGKAT

 

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi payung dan beranggotakan beragam organisasi disabilitas di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987.

Visi lembaga ini adalah mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. PPDI berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya, sedangkan bagi pemerintah PPDI merupakan mitra dalam penyusunan berbagai kebijakan dan program berkaitan penyandang disabilitas.

PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional. Sejak tahun 2005, PPDI bersama organisasi jaringannya aktif mendorong dan memberikan konsep naskah akademis bagi proses ratifikasi CRPD hingga diterbitkannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

MITRA PPDI


Logo Kementerian Sosial



Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jakarta (ANTARA News) – PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan uji coba alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa undakan jinjing (portable ramp) bagi pengguna kursi roda yang hendak masuk ke dalam kereta.

Vice President Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan alat tersebut berupa papan aluminium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan akan digunakan untuk membantu penumpang KRL yang menggunakan kursi roda naik atau turun dari KRL.

Menurutnya, purwa rupa alat tersebut telah diuji coba dan selanjutnya akan diproduksi untuk digunakan di sejumlah stasiun kereta.

PT KCJ menargetkan pada Mei telah tersedia alat tersebut di 74 stasiun kereta api.

“Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan portable ramp ini akan dibantu oleh petugas pelayanan penumpang di stasiun,” papar Eva.

Pola perbantuan bagi penumpang disabilitas pengguna alat ini, dimulai dengan penumpang akan dibantu oleh petugas pelayanan di stasiun awal sampai dengan naik kereta kemudian berkoordinasi dengan petugas pengawal kereta.

Sesampainya di Stasiun tujuan petugas pelayanan penumpang yang telah mendapat notifikasi dari petugas pelayanan penumpang di stasiun awal akan melayani penumpang dengan disabilitas.

Eva mengatakan layanan ini merupakan lanjutan pelayanan bagi penumpang disabilitas, setelah sebelumnya dilakukan pemasangan ubin disabilitas di 35 stasiun yang melayani KRL. (Antara/Panca Hari Prabowo)

Leave Comment

PPDI MEMILIKI

0
DPD
0
DPC
0
PPK
0
OPD
Back to top