DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

Panitia Seleksi Masuk PTN tak Sediakan Soal Huruf Braille Panitia Seleksi Masuk PTN tak Sediakan Soal Huruf Braille
SOLO, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2014 tidak menyediakan naskah... Panitia Seleksi Masuk PTN tak Sediakan Soal Huruf Braille

SOLO, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2014 tidak menyediakan naskah soal dengan huruf braille untuk penyandang disabilitas tunanetra. Namun panitia lokal (Panlok) tetap akan memfasilitasi peserta ujian tulis SBMPTN penyandang disabilitas yang membutuhkan pendampingan.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Sutarno PhD menyatakan kepada wartawan, Selasa (18/3/2014), sampai saat ini panitia pusat SNMPTN selaku penyelenggara SBMPTN belum siap mengadakan naskah soal braille ujian tulis SBMPTN.

“Tahun ini panitia belum siap naskah soal braille. Sebagai pengganti, soal akan dibacakan pendamping,” jelasnya.

Menurut Pembantu Rektor (PR) I UNS itu, pendamping khusus untuk peserta penyandang disabilitas tunanetra merupakan orang-orang berpengalaman dalam menangani disabilitas. Mereka adalah dosen Pendidikan Luar Biasa (PLB), sehingga calon mahasiswa tidak perlu khawatir tidak bisa mengikuti ujian tulis SBMPTN.

“Apabila nanti ada informasi peserta SBMPTN disabilitas tunanetra yang perlu pendamping untuk dibacakan soal ujian, pasti akan dibantu. Pasti ada yang membacakan soal dan nanti kita diberi tahu pusat,” tutur dia.

Prof. Sutarno mengemukakan, dalam ujian tertulis SBMPTN tahun 2013, di antara 17.016 peserta di UNS terdapat lima orang peserta berkebutuhan khusus. Mereka itu terdiri dari empat orang peserta tunanetra dan seorang peserta tunadaksa.

Pendaftaran jalur SBMPTN sendiri baru akan dibuka pada 12 Mei sampai 6 Juni 2014. Sedangkan pendaftaran lewat jalur SNMPTN UNS yang dibuka beberapa waktu, hingga Senin (17/3/2014) pukul 11.00 tercatat sebanyak 19.775 pendaftar, 2.969 orang di antaranya merupakan calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang mendaftar beasiswa Bidikmisi. (Tok S/A-88)***.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *