– Peduli Disabilitas, Pemkab Indramayu Siap Gelontorkan Anggaran

Simbol kursi roda
symbol tunanetra
symbol tuna rungu
symbol disabilitsa intelektual

Gufroni Sakaril ketum PPDI

Drs. Gufroni Sakaril, MM

Ketua Umum PPDI

PROFIL SINGKAT

 

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi payung dan beranggotakan beragam organisasi disabilitas di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987.

Visi lembaga ini adalah mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. PPDI berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya, sedangkan bagi pemerintah PPDI merupakan mitra dalam penyusunan berbagai kebijakan dan program berkaitan penyandang disabilitas.

PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional. Sejak tahun 2005, PPDI bersama organisasi jaringannya aktif mendorong dan memberikan konsep naskah akademis bagi proses ratifikasi CRPD hingga diterbitkannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

MITRA PPDI


Logo Kementerian Sosial



Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DISKOMINFO INDRAMAYU – Perhatian serius kepada para penyandang disabilitas, tak perlu menunggu kucuran dana dari pemerintah pusat melainkan daerah siap mengambil peran penting tersebut dengan menganggarkannya. Hal itu disampaikan Plh Bupati Indramayu yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo saat menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) ke-2 Provinsi Jawa Barat, yang juga bersamaan dengan pengukuhan pengurus DPC PPDI Indramayu, di Hotel Handayani, Selasa malam (13/8/2019).

“Kita tidak perlu menunggu dana dari pusat, Pemkab Indramayu siap anggarkan bagi para penyandang disabilitas,” kata mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu itu dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Oleh karenanya, ia langsung meminta kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu untuk membuat perencanaan dan mendata penyandang disabilitas di Indramayu hingga mengenai keahlian yang mereka miliki. Karena di bidang pekerjaan, kaum disabilitas perlu diinventarisir yang tak boleh dilewatkan untuk mengajukan disabilitas saat terbuka peluang kerja bagi mereka.

“Saat ini ada ketentuan 2 persen dari tenaga kerja itu harus mengajak atau menyertakan kaum disabilitas,” ucapnya.

Ia juga berpesan, agar melalui Rakerda tersebut menghasilkan rekomendasi bahwa setiap pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat juga sedianya menganggarkan dana untuk PPDI. Anggaran tersebut untuk kepentingan banyak hal kaum disabilitas seperti di bidang pelatihan keterampilan dan lain sebagainya yang kelak mengangkathidup mereka.
“Kami berharap kaum disabilitas di Indramayu dan Jawa Barat menjadi sejahtera, mandiri dan bermartabat,” ucapnya.

Leave Comment

PPDI MEMILIKI

0
DPD
0
DPC
0
PPK
0
OPD

Post Terbaru

Back to top