DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

Pemilih Disabilitas Dipermudah Masuk TPS Pemilih Disabilitas Dipermudah Masuk TPS
INILAHCOM, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan desain Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus memberikan jaminan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas. Hal ini harus... Pemilih Disabilitas Dipermudah Masuk TPS

INILAHCOM, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan desain Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus memberikan jaminan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas.

Hal ini harus menjadi perhatian, untuk memastikan para penyandang disabilitas terlayani dengan baik saat menggunakan hak pilihnya.

“Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) penting memperhatikan lokasi pendirian TPS. Bisa saja di tempatkan di ruang terbuka atau ruang tertutup. Yang penting dapat diakses dengan mudah oleh pemilih, terutama penyandang disabilitas,” jelas Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Ferry menambahkan, TPS harus didesain dengan tata yang rapi, baik TPS yang berada di dalam ruangan maupun luar ruangan. Dimaksudkan agar kemungkinan kecurangan terhadap para pemilik hak suara, dapat dihindari.

“Yang paling penting memastikan bahwa lokasi TPS tidak memberi ruang bagi orang untuk berlalu lalang di belakang pemilih pada saat memberikan suara di bilik suara. Sehingga pemilih yakin saat memberikan suara, kerahasiaan pilihannya terjamin,” ujarnya.

Begitu juga kalau TPS di tempatkan di ruang tertutup. Selain harus mampu menampung pelaksanaan rapat pemungutan dan penghitungan suara di TPS, kedudukan pemilih harus membelakangi tembok atau dinding saat memberikan suara di bilik suara. [gus]

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *