DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas
batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, para penyandang disabilitas berhak diberikan kesempatan bekerja layaknya pekerja normal lainnya. Itu termaktub dalam surat edaran... Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas

batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, para penyandang disabilitas berhak diberikan kesempatan bekerja layaknya pekerja normal lainnya. Itu termaktub dalam surat edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 1 KP.01.15.2002 tentang penempatan tenaga kerja dan penyandang cacat di perusahaan.

“Dengan demikian, perusahaan wajib memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama untuk mempekerjakan penyandang cacat di perusahaan sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan, dan kemampuannya, sekurang-kurangnya satu persen pekerja penyandang cacat yang dipekerjakan di perusahaan, ” ujar Lis, dalam acara Pelatihan Sesi Interaktive Penempatan Hak-Hak Tenaga Kerja Khusus di Tempat Usaha maupun perusahaan di Hotel Halim, Selasa (19/4).

Merunut pada surat edaran itu, pemerintah berharap, pihak perusahaan mau membuka kesempatan bekerja bagi para penyandang disabilitas. “Ini bukan kesukarelaan, tetapi sudah diatur oleh undang-undang. Kapan lagi kita bisa membantu saudara-saudara kita, apalah arti investasi dan peluang usaha yang baik, tanpa disertai dengan aspek sosial untuk masyarakat, ” tuturnya.

Kendati begitu, lanjut Lis, jenis pekerjaan yang diberikan harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang bersangkutan. “Mereka harus diperhatikan oleh semua pihak, pemerintah mengingatkan bahwa semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” ujarnya.

Saat ini, Pemko Tanjungpinang telah membuktikan bahwa penyandang disabilitas memiliki kemampuan layaknya orang lain. Dengan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas bekerja di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

“Dari sembilan orang yang diajukan, kami baru bisa memfasilitasi lima orang menjadi honor daerah, dan mulai awal bulan Mei 2016 nanti mereka sudah bisa bekerja,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi menambahkan, membuka peluang bagi penyandang disabilitas, sudah diatur di dalam undang-undang. Dia berharap, perusahaan ikut mendorong dan mempunyai kesadaran untuk mempekerjakan para penyandang disabilitas di perusahaan swasta. (Lra/bpos)

  • ADI SAPUTRA SITANGGANG

    June 17, 2016 #1 Author

    saya penyandang cacat,untuk mencari kerja untuk bapak

    Reply

  • Soni Nofian

    July 8, 2016 #2 Author

    Saya pernah bekerja lebih dari 2 tahun dan sekarang berniat kerja di daerah Jakarta.

    Reply

  • dasikin

    July 19, 2016 #3 Author

    Sya ingin sekali bekerja tp saya belum banyak pengalaman, pengalaman saya hanya jadi ketring dan pembantu dulu…sya.mohon bpk bisa memperkerjakan saya karena saya butuh bangt pkrjaan…

    Reply

  • fajar khairudin

    July 31, 2016 #4 Author

    saya orang jogja pak,gag punya pekerjaan kadang jugha nyopir truk,tpi tak menentu,mohon bpk memberi saya dan penyandang cacat lainya pekerjaan yg lebih baik,agar tidak putus asa karna keterbatasan fisik, saya cacat di tangan kanan pak..

    Reply

    • andika wahab

      October 3, 2016 #5 Author

      saya jga sulit mencari pekerjaan,mohon klau ad lowongan pekerjaan saya mau

      Reply

      • andika wahab

        October 3, 2016 #6 Author

        saya jga sulit mencari pekerjaan,mohon klau ad lowongan pekerjaan saya mau,dari jambi

        Reply

        • ppdi

          October 5, 2016 #7 Author

          Dear Andika Wahab

          Kami sarankan untuk mendaftar di situs loker khusus disabilitas di http://www.kerjabilitas.com
          Situ stersebut memuat beberapa loker dari beberapa perusahaan.

          Salam,

          Reply

  • ine

    December 4, 2016 #8 Author

    Saya juga ingin bekerja sebelum saya kuliah tapi saya penyandang disabilitas tunadaksa dari bandung jika ada lowongan mohon infonya terimakasih

    Reply

  • lina

    August 14, 2017 #10 Author

    Your comment sy penyandang tuna daksa. saya membutuhkan pekerjaan. saya mohon bantuannya bapak/ ibu

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *