DPP PPDI

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan ada hak istimewa bagi siswa disabilitas atau penyandang cacat dalam...

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan ada hak istimewa bagi siswa disabilitas atau penyandang cacat dalam Ujian Nasional yang akan digelar pada tanggal 15 April 2013 mendatang.

“Kami akan layani dengan sebaik-baiknya, anak-anak yang mempunyai keterbatasan, punya kehususan,” ujar Taufik Yudi usai membagikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) di SMK Negeri 16, menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2013).

Taufik mencontohkan, siswa yang memiliki kekhususan seperti low vision (daya pandang rendah) sampai tuna netra. Saat Ujian Nasional nanti, waktu mengerjakan soal akan ditambah 40 menit dari waktu yang ditetapkan. “Waktu ditambah 40 menit,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, penambahan waktu tersebut lantaran siswa penyandang low vision dan tuna netra tidak lagi menggunakan braile dalam bentuk soal. Mereka kini menggunakan soal berupa suara dan mencatat dengan catatan tertentu.

“Mereka bisa mendengarkan, bisa merekam dan kemudian mencatat dengan catatan tertentu,” ucap Taufik..

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *