– Survei Penyandang Disabilitas Makin Baik

Simbol kursi roda
symbol tunanetra
symbol tuna rungu
symbol disabilitsa intelektual

Gufroni Sakaril ketum PPDI

Drs. Gufroni Sakaril, MM

Ketua Umum PPDI

PROFIL SINGKAT

 

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) merupakan organisasi payung dan beranggotakan beragam organisasi disabilitas di Indonesia yang didirikan pada tahun 1987.

Visi lembaga ini adalah mewujudkan partisipasi penuh dan persamaan kesempatan penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan. PPDI berfungsi sebagai lembaga koordinasi dan advokasi bagi anggota-anggotanya, sedangkan bagi pemerintah PPDI merupakan mitra dalam penyusunan berbagai kebijakan dan program berkaitan penyandang disabilitas.

PPDI memiliki jaringan kerja hampir diseluruh provinsi di Indonesia dan merupakan anggota dari Disabled People Internasional. Sejak tahun 2005, PPDI bersama organisasi jaringannya aktif mendorong dan memberikan konsep naskah akademis bagi proses ratifikasi CRPD hingga diterbitkannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

MITRA PPDI


Logo Kementerian Sosial



Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ketum PPDI menyampaikan sambutan dalam dialog publik Asean Enabling Master Plan 2025
 

Ketua Umum PPDI mengatakan angka penyandang disabilitas dari tahun ke tahun bertambah. Survei Penduduk Antar Sensus atau Supas BPS pada 2015 menunjukkan jumlah penyandang disabilitas Indonesia sebanyak 21,5 juta jiwa. Angka ini terus bertambah setiap tahunnya. Data tersebut jauh lebih menggambarkan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia dibandingkan survei tiga tahun sebelumnya, yakni pada 2012 yang angkanya sekitar 6,1 Juta. Dalam jumpa pers dialog publik Asean Enabling Master Plan 2025 yang diadakan oleh Perkumpulan Penyandang disabilitas Indonesia (PPDI)

7 Agustus di Jakarta, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Kementerian PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati mengatakan  kondisi disabilitas yang akan dimasukkan dalam survey

adalah latar belakang pendidikan dan ekonomi. Pertanyaan tambahan yang lebih dalam tentang profil penyandang disabilitas itu akan mengubah beberapa data yang sudah tersedia sebelumnya. Menurut Vivi, perubahan ini tidak bermasalah asalkan mencerminkan kondisi penyandang disabilitas yang sesungguhnya.

 

Leave Comment

PPDI MEMILIKI

0
DPD
0
DPC
0
PPK
0
OPD

Post Terbaru

Back to top